Selasa, 02 Juni 2015

Sharing "TES KEMENKEU"

Sebenarnya hanya ingin berbagi pengalaman saja, bagaimana sensainya menjalani TES KEMENKEU.

Pertama, daftar online melalui portal kemenkeu yang sudah tersedia, isi dengan lengkap data diri sesuai petunjuk. Kemudian beberapa hari muncul pengumuman di website kemenkeu siapa saja yang lolos seleksi administrasi.

Kedua, pengambilan No TPU. Kebetulan lokasi tes saya di Jakarta, jadi pengambilan nomor TPU di lakukan di STAN (bintaro). Jangan lupa membawa berkas sesuai perintah, yaitu Ijazah, foto, dan KTP. Biasanya pada pengumuman di informasikan mengenai pakaian yang harus digunakan (NO JEANS, NO SHIRT, no slippers / sandals ) jika tidak sesuai pengawas tidak mengijinkan peserta untuk masuk.

Ketiga, TKD (Tes Kemampuan Dasar) yang terdiri dari TIU, TWK, dan TKP. Untuk TKD ini diperlukan latihan soal-soal. TIU, kita harus melatih matematika dasar, dan bahasa indonesia. Sedangkan TWK tentang kebangsaaan kita harus banyak membaca mengenai sejarah indonesia, UUD, UUDS, pancasila, dll. Kalau TKD saya tidak belajar, itu mudah disiasati karena tentang kepribadian.
Mengenai TKD ini jujur saya hanya belajar selama 2 hari. PPKN saya lemah, jadi saya membaca ulang UUD, pancasila dll. Namun, karena saya sudah bekerja, jadi saya tidak bisa fokus untuk menghafal, apalagi untuk memahami jelas susah. Namun setiap mau tidur selama 2 hari saya latihan soal-soal matematika (seperti deret, perkalian, soal cerita MTK, dll).
Ketika saya melakukan Tes Kemampuan Dasar, soal bagian pertama adalah mengenai TWK dan yang saya pelajari sama sekali tidak keluar, saya hanya berdoa sambil mengerjakan, kemudian TIU, saya memaksimalkan disini, dan terakhir TKP, mengenai kepribadian. Target saya, saya mendapatkan score 433, namun apa daya ternyata saya hanya mendapatkan score 352 terdiri dari 70 TWK, 125 TIU dan 157 TKP.
Kaget si... Tapi berdoa terussss.

Keempat, Tes Psikotes. Jujur untuk tes ini saya sama skali tidak belajar, saya hanya menyiapkan diri sebaik mungkin, se-sehat mungkin, dan tes psikotes ini berlangsung cukup panjang, dari jam 7 pagi sampai jam 3 sore. Tes Psikotes ini terdiri dari logika, hitungan, gambar, dan kertas koran (pauli) :)

Kelima, yaitu Tes Kesehatan. Tes kesehatan ini terdiri tes mata, kemudian interview dengan dokter dan lari. Untuk lari disarankan untuk latihan terlebih dahulu. Namun saya hanya sempat latihan lari sebanyak 3x (maklum ga pernah olah raga semenjak kerja -,- ) Untuk lari, nanti dilakukan di lapangan sepak bola dengan waktu selama 12 menit. Disarankan dapat 4 putaran, namun saya hanya dapat 4 putaran kurang 1 meter :( . Kemudian suttle run yaitu lari membentuk angka 8 sebanyak 3 kali, disini kita harus lari secepat mungkin, karena diukur mengunggunakan waktu.

Keenam, yaitu interview. Saya memilih pajak, namun saat interview sama sekali tidak ditanya seputar perpajakan. Alhamdulillah :)
pertanyaan yang dilontarkan seputar pengalaman kerja saya di 2 perusahaan. Waktu interview ini cukup lama yaitu 30 menit, namun sama sekali tidak terasa, karena enjoy :)

Intinya, selain berlatih soal-soal, persiapan fisik (kesehatan) kita tetap harus berdoa kepada ALLAH, sholat dhuha, sholat tahajud, insyallah dilancarkan dan dimudahkan segala urusan :)
Semoga untuk yang ingin mengikuti tes PNS tahun 2015 ini dapat diterima.
AMIN.. SUKSES GUYS :)
SEMANGAAAAAAAATTT !!!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar